Monday, October 24, 2016

10 Mitos Mengenai Mobil yang Agan Perlu Tau


Ada banyak fakta-fakta menarik mengenai mobil, tapi disamping itu banyak juga mitos yang juga mengiringi kendaraan ini. Berikut beberapa mitos tentang mobil yang mungkin gan belum tau.

Mobil Manual Lebih Hemat daripada Mobil Matic.

Matic/Manual
Hal ini ga selalu benar gan. Dulu sih iya saat awal-awal mobil matic pertama kali dirilis. Tapi saat ini tidak beda jauh karena pengembangan teknologi mesin mobil.

Menggunakan A/C Mobil Membuat Bahan Bakar Lebih Hemat Dibanding Membuka Jendela Mobil

A/C
Menurut sebuah studi ilmiah, menggunakan A/C (pada daya medium/menengah), lebih boros daripada membuka jendela. Namun demikian, tetap dianjurkan memakai A/C karena selain nyaman juga meningkatkan self-aware sehingga aman bagi semua orang di jalan.

Mengisi Bahan Bakar pada Saat Pagi Hari, Semakin Banyak Liter yang Bisa Ditampung Tangki Bensin.

Isi Bahan Bakar
Banyak orang yang berpikir kalau mengisi bensin di pagi hari apalagi saat udara dingin, kerapatan bensin lebih tinggi sehingga semakin banyak bahan bakar yang bisa ditampung dalam tangki bahan bakar. Meskipun teori ini sepertinya masuk akal, hal ini tidak benar. Ini karena bensin yang di simpan di dalam tangki penimbun POM bensin letaknya ada di bawah tanah sehingga suhu tidak teralu berpengaruh terhadap bensin. Jadi agan ga perlu repot datang pagi-pagi kalau agan mau isi bensin.

Menggunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi Lebih Baik daripada Menggunakan Bahan Bakar Biasa.

Pertamax/Premium?
Sering banget kita mendengar lebih baik pakai pertamax misalnya dari pada menggunakan bensin yang oktannya lebih rendah. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Kata FederalTrade Comission, ini ga membuat mobil agan lebih cepat, jarak yang ditempuh menjadi lebih jauh atau juga mesin yang bersih. Silakan cek di link tersebut kalau ga percaya hehe. Tapi ane tetep rekomendasikan bagi yang mampu supaya membeli BBM Non subsidi karena yang bersubsidi untuk mereka yang kurang mampu.

Mobil  Berwarna Merah Lebih Banyak Biayanya daripada Mobil dengan Warna Lain. Terutama Jika Disuransikan.

Red Car
Siakan cek di sini untuk penjelasannya. Di situ dijelaskan bahwa tidak ada data yang menunjukkan bahwa mobil dengan warna merah lebih eklusif daripada mobil dengan warna lain. Tentunya dengan type dan merk yang sama ya hehe. Disitu juga dijelaskan tidak ada perusahaan asuransi besar yang membuat mobil dengan warna merah mempengaruhi biaya asuransi.

Perlu untuk Mengganti Oli Setiap Jarak 5000 Kilometer.

Udah Ganti Oli Belum Gan?

Ini mitos yang paling sering kita dengar.  Agan bisa cek di wikipedia kalau aturan penggantian oli setiap 5000 kilo hanyalah sebuah mitos. Penggantian oli setiap 5000 kilo itu berlaku untuk mobil keluaran di bawah tahun 70-an. Untuk mobil modern, jarak penggantian oli berkisar atara 8000 sampai 11.000 Km.

Perlu untuk Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan.

Panasin Dulu Gan
Mitos legend nih. Hehe. Hal tersebut tidak benar-benar berlaku kecuali kendaraan agan mobil yang menggunakan karburator. Kalau agan menggunakan mesin yang memakai injeksi, agan hanya perlu mengendari mobil dengan pelan selama 30 detik. Ini cara yang baik untuk memanaskan mesin. Ini tentunya membuat bahan bakar lebih hemat dan mengurangi emisi karbon hehe. 

Membuka Bak Truk Membuat Lebih Hemat Bahan Bakar.

Ditutup Aja Yaa

Beberapa orang percaya akan hal ini. Teorinya dengan membuka bak truk akan membuat udara yang menahan mobil semakin sedikit. Ini mitos hehe. Cek di mari.

Menggunakan Ponsel Dapat Menyebabkan Ledakan.

Like A Boss
Pernah lihat tanda jangan menggunakan HP di POM pengisian bahan bakar gan? Ini seperti mitos yang bilang jangan minum soda kalau agan habis makan Pooping Candy. Ituloh, permen yang meledak-ledak di mulut. Belum ada kasusnya POM meledak dan memakan korban jiwa karena saat ngisi BBM orang menggunakan HP. Kecuali kalau agan lagi nyetir sambil menggunakan HP, kasusnya banyak banget yang menyebabkan kematian. hehe

Overdrive Membuat Mobil Agan Lebih Cepat.

Overdrive Deactivated


Di film kita lihat kalau overdrive membuat mobil menjadi lebih cepat dan terlihat keren. Padahal nyatanya ngga gan. Hehe. Penggunaan overdrive hanya membuat kecepatan mobil agan tidak turun drastis. Intinya overdrive membantu mobil untuk mempertahankan kecepatan bukan membuatnya lebih cepat. Mungkin bisa main kesini untuk sedikit baca-baca.

Thanks ya gan suda mampir di blog ane. Sampai jumpa lagi :)

No comments:

Post a Comment