Tuesday, October 04, 2016

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Beli Laptop


Assalamualaikum agan-agan yang kece abis.
  
Ane abis beli laptop baru nih. Karena laptop ane yang lama game over gegara motherboardnya rusak parah. Ini bukan kali pertama, dulu laptop Toshiba ane (sebelum HP G4 ane yang rusak) juga ancur. Masalahnya sama, iya, si Ibu Papan (motherboard) mengalami gangguan parah yang kalau di ganti atau di perbaiki, tukang servisnya nyaranin untuk beli baru aja karena upah yang mahal dan kemungkinan rusak masih ada.

Ekspresi agan kalau lagi bingung
Duh, bangkrut ane gan. Gila banget kan jatuh di lubang yang sama. Hehe. Ya salah ane juga sih, karena keduanya itu belinya second. Belinya ga cek dulu isi dalemannya (stop jangan mikir aneh2). Ane beli cuma cek saat dihidupkan. Udah itu aja. Dan hasilnya penyesalan muncul dikemudian hari.
  
Stop curhatnya. Singkatnya setelah ane punya rezeki, terkumpullah uang dengan budget 6 juta buat beli laptop. Tahap selanjutnya ane mulai pening nih. Ane harus beli laptop baru yang kayak gimana. Speknya macem2. Ane perlunya sih laptop yang agak gahar, mungkin mirip-mirip laptop gaming. Soalnya ane demen banget desain gan. Gak profesional, cuman suka aja. Hehe. Agan bisa lihat beberapa hasil karya ane di sini. (Bagi yang sudah Suhu jangan ketawa)

Pilih yang ini RAM nya besar tapi CPU nya standar. Pilih yang itu, Hardisknya besar tapi processor kok cuma Celeron. Haha. Rumit bener kan. Setelah ane searching kesana kemari mencari tips buat membeli laptop, akhirnya pilihan ane jatuh pada Lenovo Z40. Di postingan ini ane ga bakal review laptopnya. Sesuai judul, ane cuma post beberapa tips yang ane rangkum dari searching mandiri beberapa hal yang harus agan pertimbangkan kalau mau beli laptop. Ya biar ga nyesel nyesel amat kalau nanti dalam pemakaian kurang oke. Silakan di simak gan. Sebelumnya mari kita ngopi dulu :D

Ngopi dulu
1. Jenis Processor yang dimiliki.

Processor
Komputer agan bisa jalan ya karena adanya processor atau CPU. Jdi masuk akal aja kalau ini adalah hal yang pertama harus agan pertimbangkan. Ketika agan beli laptop baru, ada tiga hal yang harus agan pertimbangkan untuk membeli processor yaitu: konsumsi daya, harga, dan kinerja. Setiap aspek akan lebih penting tergantung dari kebutuhan masing-masing penggunanya. Misalnya kalau agan pengen hemat baterai, pilih processor yang konsumsi dayanya rendah. Tapi minusnya ya clock speednya bakal ga sekenceng yang konsumsi dayanya tinggi (maksudnya lebih lemot). Ini berguna banget bagi pekerja kantoran dengan mobilitas tinggi yang kebutuhannya hanya mengetik dan presentasi. Bagaimana cara ceknya? Bisa dicari lewat google gan. Konsumsi daya laptop atau komputer agan dihitung dengan satuan Watt. Jadi cari aja wattnya yang lebih rendah. Agan penasaran sama konsumsi daya laptop yang sedang agan pakai? Pakai aplikasi Local Cooling aja gan.

Kalau agan mencari processor yang cepat karena agan butuh untuk main game atau desain. Tetu saja pertimbangkan memilih processor berdasarkan kinerja. Konsumsi daya belakangan, toh agan pastinya ga bakal jalan-jalan sambil main game atau desain. Kalau agan ga paham keduanya, ada satu opsi terakhir nih. Ya, harga bakal mempengaruhi kualitas dari processor agan. Semakin mahal bisa semakin kenceng atau biar ga sekencang processor lain padahal harganya sama, konsumsi dayanya bakal lebih hemat. Kalau ane sih sukanya pake AMD gan. Karena konsumsi dayanya menurut ane pribadi lebih hemat tapi masih bisa mainin Photoshop. Penasaran dengan jenis-jenis processoor, bisa cek di mari.

Semakin tahun, teknologi processor selalu lebih baik. Bagaimanapun agan mengikuti rekomendasi untuk memilih processor, processor yang agan pilih bakalan bikin agan manggut-manggut. hehe

2. RAM yang agan butuhkan

RAM
Random Access Memory atau RAM intinya seperti memory komputer yang “aktif”. Ya ibaratnya kalau otak, RAM itu mirip pikiran bawah sadar. RAM mengakses hal-hal yang agan butuhin sekarang. Kalau gan perlu Laptop gaming dan sejenisnya, RAM bisa menjadi opsi yang sangat perlu untuk dipertimbangkan karena juga mempengaruhi kecepatan komputer.

Sesuai penggunaan, RAM gak harus besar kecuali gan main game berat atau desain grafis yang tentu saja menyita banyak memory. Kalau cuma ngetik kantor, biar hemat, pake RAM 4 Giga udah wah banget. Tapi kalau secara global, menurut ane RAM 8 Gb itu Sweet Spot. Makanya ane rela nambah RAM aptop yang tadinya 4 Gb menjadi 8 Gb. RAM ini bisa ditambah kok. Jadi nanti kalau agan beralih penggunaan, bisa aja di tambah. Terus gimana cara milihnya. Simak tips dari website berikut.

3. Memory yang dibutuhkan

Ini hardisk api isinya flashdisk
Ini soal kapasitas penyimpanan hardisk gan. Hardisk bisa diganti dengan yang lebih besar kok, baik di PC maupun di Laptop. Kalau menurut ane sih memilih hardisk ga terlalu bermasalah. Kalau agan butuh penyimpanan lebih, tinggal Upgrade hardisknya supaya lebih besar. Hardisk yang lama bisa di jadiin hardisk eksternal. Atau kalau mau beli hardisk eksternal juga ada. Kalau agan hobi gaming tapi hardisk cuma 500GB, itu udah oke. Bikin aja satu partisi di C://. File-file lain di simpan di Flashdisk atau Hardisk eksternal aja.

4. Jenis Video Card (VGA) dan penggunaan untuk aplikasi apa

Test kemampuan VGA
Mungkin sebelum memilih video card, agan perlu menanyakan ke diri agan sendiri. Agan ada berencana main game ga? Agan perlu ingat, agan pasti ga tau game apa yang keluar 5 tahun ke depan sebelum agan punya komputer pengganti yang baru nanti. Kalau agan sekarang ga berencana bermain game, nyantai aja soal video graphics. Soalnya perkembangan komponen komputer pesat banget. Apa yang agan punya sekarang satu atau dua tahun ke depan pasti bakal udah ketinggalan jauh. Hehe. Untuk tips memilih VGA ungkin gan bisa simak di mari.

5. Peripheral yang akan agan gunakan

Contoh peripheral
Apaann sih peripheral itu? Yap, itu cuma bahasa gaulnya Geek untuk benda yang terhubung dengan komputer akan tetapi bukan merupakan komponen utama penyusun komputer. Misalnya nih mouse, keyboard, printer, HDMI, dan lain sebagainya, kenapa ini juga dipertimbangkan. Sekali lagi, tergantung kebutuhan. Kalau agan misalnya butuh kecepatan kopi data yang tinggi dari laptop ke Flashdisk atau Hardisk eksternal, tentu laptop atau komputer dengan koneksi USB 3.0 menjadi opsi yang lumayan penting. Kalau agan suka gaming, cek dulu colokan USB nya ada berapa. Jangan sampai cuma ada dua aja, ntar dipakai buat mouse sama flashdisk udah habis, padahal agan juga mau masang joystick buat main PES misalnya. Atau agan mau print sambil main game, bakal repot banget karena nantinya bakal lepas pasang. Hehe. Ada solusinya sih, kalau agan mau agan bisa beli USB HUB. Tapi ya gitu, kalau mau beli USB HUB yang kecepatannya 3.0, harganya bakal lebih mahal.

Peripheral ada tiga jenis gan.
  1. Input devices, contohnya mouse dan keyboard
  2. Output devices, contohnya printer dan monitor
  3. Storage devices, contohnya flashdisk dan hardisk.

Sekian gan tips dari ane. Maaf banget kalau ada agan yang kebetulan mampir ke sini karena mencari tips untuk membeli PC yang lebih spesifik. Ane di sini hanya membahas secara global aja. Poinnya kan agan jadi lebih tahu pokok utama yang perlu dipertimbangkan untuk membeli PC kan? Hehe. Untuk masing-masing poin agan bisa searching mndiri tipsnya, karena bejubel banget gan di internet. Tinggal pilih.
  
Sampai jumpa di postingan ane selanjutnya ya gan.

No comments:

Post a Comment