Wednesday, June 27, 2018

Indonesia dan Amerika. Perbandingan Berdasarkan Tujuh Indikator



Assalamualaikum dan selamat datang di blog ane ya gan.

Well, siapa yang tidak tahu bahwa Amerika merupakan negara yang memiliki banyak keunggulan dan disebut sebagai salah satu negara maju di dunia. Mungkin dari banyak kita lebih banyak menyimpulkan kalau Amerika maju berkat manusianya yang pintar-pintar dan memiliki teknologi modern yang menjadi kiblat Dunia. Tetapi ternyata itu hanyalah merupakan salah satu dari banyak faktor gan.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Tentunya kita semua sependapat bahwa our beloved country ini merupakan negara berkembang dan bila dibandingkan dengan Amerika kita kalah jauh. Tapi jangan berkecil hati dulu, di usia negara kita yang baru 73 tahun per Agustus 2018 ini, negara kita hitungannya masih muda. Bandingkan saja dengan Amerika yang merdeka pada tahun 1776 usianya adalah 242 tahun per Juli 2018. Beda 4 generasi kalau diibaratkan manusia. Ya kurang lebih Amerika itu Buyut Indonesia kalau dilihat dari segi usia. Hehehe. Anggap aja selisih usia tersebut jadi salah satu sebab Amerika maju duluan (menurut ane sih hehe).

Oke Gan. Selain usia apa sih yang membedakan kita dengan Amerika? Banyak sih. Tapi ane akan fokus untuk membahas perbandingan kedua negara dalam tujuh indikator pembeda negara maju dan berkembang. Apa aja? Cekidot gan.



1. Pendapatan Perkapita

Ilustrasi pendapatan perkapita
Simpelnya pendapatan perkapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan perkapita diperoleh dari hasil pembagian pendapatan nasional dengan jumlah penduduk negara. Semakin tinggi pendapatan perkapita suatu negara, semakin makmur dan sejahtera negara tersebut. Untuk tahun 2017 Indonesia VS AS adalah sebagai berikut (Sumber Wikipedia):

Indonesia: US$ 3.876 atau 54.682.453.07 Rupiah
Amerika: US$ 59.501 atau 839.723.998 Rupiah

Beda yang sangat jauh ya gan. Amerika sudah hampir mencapai satu milyar pendapatan perkapitanya, sedang Indonesia baru bermain di level puluhan juta rupiah. Kalau dihitung, besar pendapatan perkapitanya AS sekitar 15 kali punya Indonesia.

2. Pertumbuhan penduduk

Ilustrasi pertambahan penduduk
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi suatu negara dalam suatu rentang waktu tertentu. Perubahan populasi disebabkan oleh beberapa hal seperti kelahiran, kematian dan migrasi.

Kita fokus ke angka kelahiran dan kematian aja ya gan. Untuk negara maju sih tingkat pertumbuhan penduduknya lebih kecil dari pada negara berkembang seperti Indonesia. Ini dikarenakan penduduk negara maju lebih memilih melahirkan anak yang sedikit saja (1 tau 2 orang) agar dapat lebih fokus dalam pendidikannya. Selain itu, di negara maju angka kelahiran lebih kecil dari angka kematian. Sedangkan di negara berkembang sebaliknya. Terdapat ledakan populasi yang belum diikuti dengan kualitas penduduk sehingga menghasilkan masalah bagi negara karena akan muncul kemiskinan, pengangguran, dan lain sebagainya. Berikut perbandingan Indonesia dengan AS (sumber):

Indonesia: Jumlah penduduk lebih dari 266 juta dengan laju pertumbuhan 1,1 persen per Juni 2018. Jumlah penduduk tersebut merupakan 3,5 persen populasi dunia
Amerika: Jumlah penduduk 326 Juta dengan laju pertumbuhan penduduk 0,7 persen per juni 2018. Jumlah penduduk tersebut merupakan 4,28 persen dari populasi dunia.

Melihat data tersebut, kita bisa lihat kalau laju pertumbuhan penduduk America memang lebih kecil di bandingkan Indonesia. Memang jumlah penduduk America lebih banyak dari pada Indonesia, tapi kita tidak bisa pungkiri juga gan kalau luas negara America lebih besar ketimbang Indonesia berpengaruh juga pada perbandingan. Di tambah SDA nya yang well educated tentunya menjadi penggerak roda perekonomian yang sangat potensial. Beda dengan Indonesia yang masih memiliki banyak penduduk dengan pendidikan rendah, yang masih sibuk dengan share-share berita hoax di Internet. Wkwk

3. Angka Harapan Hidup

Ilustrasi angka harapan hidup
Angka harapan hidup adalah perkiraan jumlah tahun hidup dari seorang individu yang tinggal di suatu Negara. Di negara maju, angka harapan hidup penduduknya lebih baik, rata – rata penduduknya mencapai umur 60 tahun ke atas. Tingginya angka ini dikarenakan baiknya pelayanan kesehatan dan taraf ekonomi di suatu negara sehingga menyebabkan warganya tumbuh dan berkembang dengan baik pula. Sementara itu, angka harapan hidup di Negara berkembang sangat kecil, rata – rata umur warganya hanya mencapai di bawah 60 tahun. Kecilnya angka ini tentu saja berkaitan erat dengan tingkat pelayanan kesehatan dan taraf ekonomi di suatu Negara. Adapun perbandingan Indonesia dengan Amerika adalah sebagai berikut (sumber)

Indonesia: 70 tahun dengan peringkat 137 di Dunia
Amerika : 78,37 tahun dengan peringkat 50 di Dunia

Bedanya 8 tahun lho gan. Padahal ancaman kematian di Amerika cukup tinggi akibat legalitas penggunaan senjata bagi warga sipil. Tapi kita patut bersyukur bahwa angka harapan hidup kita di atas rata-rata dunia yang Cuma 66 tahun. Alhamdulillah.

4. Jumlah Tenaga Kerja


Ilustrasi tenaga kerja
Biasanya sih di negara maju lebih banyak kesempatan kerja dengan lowongan yang beragam dibandingkan dengan negara berkembang. Ini dikarenakan perekonomian negara maju bergerak pada sector indutri sehingga lapangan kerja yang tercipta sangatlah besar.

Adapun dinegara berkembang, lapangan kerja jumlahnya lebih terbatas karena lebih banyak bergerak dibidang agraris (pertanian, peternakan dan perikanan) dan industrinya sedikit. Jumlah pengangguran disuatu negara tentunya berdampak pada inflasi juga gan. Yang artinya menurunkan nilai mata uang kita. Kalaulah semisal 1 dollar sama dengan 1 rupiah, maka harga barang tentunya juga murah. Bayangin aja untuk sekarang Mobil Lamborghini yang harganya 23,5 Miliar bisa dibeli dengan duit 2 juta aja.

Ane kurang data kalau soal tenaga kerja ini gan. Tapi untuk tingkat penganggurannya sesuai data yang ane Googling adalah sebagai berikut:

Indonesia: 5,39 persen dari total penduduk
Amerika: 3,9 persen dari total penduduk

Nah ane ga tau, para youtuber atau blogger itu masuk pengangguran apa engga hehe. Tingginya pengangguran Indonesia tentunya selalu menjadi perhatian serius pemerintah gan. Sangat sayang sekali kalau buruh kasar aja harus impor dari luar.

5. Mata Pencaharian dan Pemanfaatan Lahan

Ilustrasi industri
Perekonomian maju bergerak dengan dasar bidang industry sedangkan negara berkembang lebih cenderung dibidang pertanian. Lahan yang ada sebagian besar dimanfaatkan untuk perkebunan, sawah, tambak dan hutan. Sehingga disebut dengan negara agraris. Lahan agraris ini tentunya sangatlah luas.

Penduduk di negara maju, sebagian besar bekerja di sektor – sektor industri yang beragam, seperti industri elektronik, mesin-mesin, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan sektor industri yang menjadi penggerak utama roda perekonomian Negara tersebut.

Perihal industri, ane ekstrakkan dari sini. silakan klik gan.

Ada dua istilah sih sebenarnya terkait persoalan industry. Ada yang namanya padat modal dan padat karya. Nah untuk di negara maju itu lebih ke padat modal aja sedang di negara berkembang selain padat modal juga padat karya. Membuat Industri Indonesia seperti Amerika tentu saja tidak mudah gan. Karena Indonesia sebagai negara berkembang selain mengembangkan industry padat modal, juga harus tetap mempertahankan aspek padat karya. Karena jika Indonesia berfokus kepada padat modal saja, industry akan menggunakan sistem mesin sehingga tingkat pengangguran semakin terbuka.

Selain itu perbedaaan dalam industry Indonesia dengan amerika adalah sebagai berikut:

Pada bidang mesin, Industri Indonesia masih sederhana dan menggunakan banyak tenaga kerja. Sedang amerika menggunakan teknologi modern dan otomatis sehingga menggunakan sedikit tenaga manusia.

Pada bidang tenaga kerja, Indonesia masih kekurangan tenaga ahli sehingga impor dari luar. Adapun tenaga kerja dalam negeri lebih banyak yang kurang produktif (bukan tenaga ahli) dan mendapatkannya lebih mudah. Sedang di Amerika tenaga ahli banyak, sedikit memakai tenaga manusia tapi produktivitas tinggi.

Pada aspek modal:, Indonesia butuh bantuan investor bahkan pinjaman dari Bank Dunia. Sedang di Amerika memakai penanaman modal dalam negeri atau modal sendiri.
Pada aspek bahan baku, Indonesia memiliki banyak bahan baku industry sedang di Amerika kebanyakan melakukan impor.

Pada aspek pemasaran, di Indonesia lebih banyak hasil industry untuk kebutuhan dalam negeri dan untuk ekspor lebih berat karena bersaing dengan negara maju. Sedang di Amerika, di utamakan ekspor karena kebutuhan dalam negeri sudah cukup dan kualitas serta mutunya baik sehingga mudah dipasarkan.

Bisa dilihat gan, kompleks banget kan. Ga gampang bikin negara menjadi negara industry. Untuk itu sektor agraris menurut ane harus tetap tetap menjadi primadona untuk menggenjot perekonomian Indonesia. Mungkin dengan perbaikan sistem disana sini untuk memaksimalkan produktivitasnya bagi perekonomian negara.

6. Penurunan Kesenjangan Hidup


Ilustrasi kesenjangan ekonomi
Pencapaian dalam hal kesejahteraan perekonomian suatu negara tidak hanya dilihat dari tingginya kesejahteraan ekonomi, tetapi juga diikuti oleh tingkat pemerataan perekonomian dari negara tersebut. Negara berkembang memiliki tingkat kesenjangan hidup yang sangat tinggi, sehingga perbedaan antara si kaya dan si miskin sangat terlihat mencolok. Sementara itu, di Negara-negara maju tingkat kesenjangan hidupnya rendah karena mereka mampu mengurangi jarak kesenjangan hidup warganya.

Untuk melihat dari indikator ini, kita pakai indeks gini aja ya gan. Indeks gini nilainya 0 sampai dengan satu. Indeks gini digunakan untuk melihat kesetaraan pendapatan suatu negara. Kalau nilainya 0 berarti seluruh orang memiliki pendapatan yang setara dan kalau nilainya 1 berarti seluruh pendapatan dikuasai hanya oleh satu orang. Setelah melihat data dari Wikipedia, ternyata kesenjangan Amerika lebih tinggi dengan nilai 45% pada tahun 2007 dari pada Indonesia yang hanya 34% pada tahun 2005.

Data yang ane dapat sejauh ini hanya itu gan. Ada selisih tahun hehe jadi kurang akurat. Tapi menurut ane karena sistem ekonomi di kedua negara memperbolehkan swasta untuk memaksimalkan keuntungan dalam perekonomian, tentunya sang pemilik industry memliki peluang untuk memperkaya diri sehingga menimbulkan gap yang cukup lebar dengan si miskin atau dengan kata lain kesenjangan ekonomi bisa dipastikan terus meningkat.



7. Tingkat pendidikan
Ilustrasi tingkat pendidikan
Tingkat pendidikan penduduk suatu Negara dapat menjadi indikator yang nyata dalam membedakan Negara maju dan berkembang. Pendidikan di Negara maju sangat berkualitas. Mereka berhasil menciptakan SDA yang berkualitas. Selain itu, tingginya tingkat pendidikan di Negara maju menghasilkan beberapa tekhnologi canggih yang dapat mempermudah hidup warganya. Sedangkan Negara berkembang memiliki tingkat pendidikan yang rendah, sehingga banyak SDA yang kurang berkualitas.

Ane agak susah membandingkan terkait tingkat pendidikan ini dengan hanya bermodalkan Googling hehehe. Hanya saja kalau kita bandingkan terkait angka melek huruf dari Wikipedia , kita lihat bahwa angka melek huruf di amerika 97 % sedangkan di Indonesia 90%. Dari segi melek huruf aja sudah lebih unggul amerika gan. Belum lagi dilihat dari tingkat pendidikan warganya, seperti yang kita tahu Amerika memiliki lebih banyak tenaga ahli dari pada Indonesia.

***
Gimana gan? Ane harap dari sedikit ulasan data di atas bisa membuat agan membayangkan posisi Indonesia bila di bandingkan dengan negara maju seperti Amerika. Well, ane harap penjelasan-penjelasan tersebut bukan membuat agan pembaca sekalian menganggap negara kita kecil dan melihat Amerika itu sangat-sangat luar biasa. Karena banyak hal-hal istimewa di negara kita yang tidak ada di negara lain. Harapan ane, melalalui postingan ini, agan terpacu semangatnya, terutama generasi muda untuk terus membangun negara tercinta lebih baik lagi.

Bukan mustahil negara kita menjadi setara dengan negara maju yang lain. Kalau ane sih ngeharapnya negara kita bukan cuma maju aja, tetapi menjadi negara yang Baldatun, Toyyibatun Warobbul Ghafur. Amin.

Sekian gan. Ane mohon maaf kalau data yang ane tampilkan hanya seadanya dan masih banyak kurang disana sini. Ane senag sekali kalau ada kritik dan saran yang bersifat membangun. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Wassalam :)

1 comment: