Tuesday, December 27, 2016

Hal Menarik Mengenai Waktu yang Mungkin Belum Pernah Terpikirkan oleh Agan



Waktu selalu menarik untuk di bahas ya gan. Apalagi bagi kaum baperan yang selalu bikin mereka keinget ama kenangan hehe. No offense ya gan :)

Bagi ane sendiri waktu itu ilusi yang kalau terlalu banyak dipikir membuat ane selalu menilai ulang eksistensi diri. Ya gimana engga gan, saking misteriusnya waktu ini, manusia hanya mampu berteori dan berimajinasi mengenai esensi waktu. Ya misalnya kalau kita kaitkan sama kecepatan cahaya, waktu bersifat relatif. Artinya jika kita semisal mampu bergerak dengan kecepatan cahaya, waktu akan berjalan lebih lambat bahkan kita bisa sampai di masa depan. Kalau kita jadi astronot dan bergerak di luar angkasa dengan kecepatan super misalnya cukup dengan kecepatan suara selama 20 tahun, kita bisa lebih muda beberapa tahun dari manusia yang tinggal di bumi. Tuh kan gan, njelimet dan blown mind kalau dipikirin.


Dari pada banyak berspekulasi mengenai waktu, mari kita simak beberapa fakta-fakta mengenai waktu berikut. Cekidot gan:

1. Ketika agan berjalan, waktu yang dilalui kepala lebih cepat dari pada yang dilalui kaki. Teori relativitas Einstein bilang kalau semakin dekat kita dengan pusat bumi, waktu akan semakin lambat berjalan. Ini sudah di ukur lho gan. Di puncak Gunung Everest, satu tahun menjadi lebih pendek sekitar 15 mikrodetik dari pada di  permukaan laut. Selisih dikit sih, cuman ini mean something bagi para fisikawan.

2. Kalau selama ini kita tau bahwa satu detik itu adalah 1/60 menit, nah, sebenarnya secara ilmiah, satu detik (second) itu adalah selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali pada suhu 0 kelvin.

3. Sedangkan hari yang biasa kita tahu sebagai waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali rotasi yakni 24 jam ternyata kurang tepat. Jumlah yang tepat untuk satu kali rotasi yaitu 23 jam 56 menit 42 detik. Alasan menggunakan waktu 24 jam adalah karena selain berotasi, bumi yang juga mengelilingi matahari membuat pengaruh terhadap panjang waktu dalam satu hari sedikit demi sedikit (masih inget kan gan kalau orbit bumi bentuknya oval?).

4. Ketika dinosaurus belum punah, satu tahun itu ada 370 hari gan. Ini karena rotasi bumi menjadi lambat. Hal tersebut disebabkan oleh gravitasi bulan yang menghambat pergerakan bumi sehingga hari semakin panjang sekitar 1,7 milidetik per abad. Kondisi bulan yang semakin menjauh dari bumi (secara lambat) pada saat ini membuat satu tahun hanya 365 hari.

5. Satuan ilmiah terkecil untuk waktu adalah Planck Time. Yaitu  periode paling awal dalam sejarah alam semesta yang berlangsung dari nol hingga sekitar 10−43 detik. Melihat bilangan itu tersebut, agan butuh sekitar 550.000 triliun triliun triliun Planck kali untuk satu kali berkedip dengan cepat. Hayoo siapa yang abis baca ini terus coba kedip-kedip. Hahaha

6. Dua tahun di planet merkurius sama dengan tiga hari di planet merkurius. Revolusi dan rotasinya beda dikit aja kan gan hehe. Ini karena medan magnet planet yang kecil dan gravitasi matahari yang berpengaruh terhadap rotasi di planet merkurius.

7. Tidak ada hal yang disebut sekarang bila dikaitkan dengan fisika. Ruang dan waktu itu bersifat relative (space and time are fluid) yang keberadaannya dipengaruhi oleh gravitasi dan kecepatan. Einstein bilang : ”Bagi kami para fisikawan, perbedaan antara masa lalu, saat ini dan masa depan hanyalah ilusi yang berjalan secara terus menerus”.

8. Karena cahaya membutuhkan waktu untuk mencapai kita, segala sesuatu yang kita lihat adalah hal yang terjadi di masa lalu. Cahaya matahari sampai ke bumi membutuhkan waktu sekitar 8 menit 20 detik. Jadi cahaya yang kita lihat adalah kondisi matahari 8 menit 20 detik yang lalu. Jarak bintang terdekat dari bumi selain matahari adalah Proxima Centaury. Untuk mencapai bumi, cahaya dari Proxima Centauri membutuhkan waktu 4 tahun. Itu berarti. . . . . Agan bisa teruskan sendiri kan gan? Hehehe

9. Pengalaman baru akan terasa tampak lebih lama dalam ingatan kita daripada memori hal yang sering kita kerjakan. Hal ini disebut oddball effect. Inilah mengapa waktu terasa lebih cepat ketika kita menjadi lebih tua. Ini karena lebih banyak hal yang sering kita kerjakan. Ya misalnya saja pengalaman agan saat pertama kali naik pesawat akan terasa lebih lama ketimbang agan naik angkot yang agan kerjakan setiap hari (dengan durasi yang sama). Tentunya kalau agan ga tidur ya hehehe

10. Waktu akan berjalan lebih lambat bila agan bergerak lebih cepat. Semisal agan pergi ke Bintang Sirius dengan 99% kecepatan cahaya dan kembali lagi ke bumi, usia manusia di bumi bertambah 17 tahun, sedang usia agan cuma nambah 2,5 tahun aja.

11. Usia alam semesta sekarang adalah 13,8 miliar tahun. Jika waktu tersebut dikompres menjadi setahun aja maka Big Bang terjadi pada pukul 00:00:01 pada tanggal 1 Januari. Tanggal 29 Desember manusia modern (homo sapiens) akan muncul pada pukul 23:54. Sedang Christopher Columbus melintasi Samudra Atlantik 1 detik sebelum tengah malam pada tanggal 29 Desember itu.



12. Jam paling akurat yang pernah dibuat adalah Jam Strontium. Jam yang hanya selisih satu detik dalam 15 miliar tahun.

13. Objek paling sepuh di Alam semesta adalah Galaksi Z8_GND_5296. Usianya sekitar 13,1 miliar tahun. Artinya hanya selisih 700 juta tahun saja dari usia alam semesta.

14. Sedangkan objek paling sepuh di bumi adalah 4.4-billion-year-old crystal, sebuah zircon yang usianya 160 juta tahun lebih muda dari usia bumi.

15. Alasan kenapa jam di seluruh dunia menggunakan standar waktu Inggris adalah karena tentu saja inggris lebih modern dari pada daerah yang lain kala itu. Awalnya di inggris sendiri sampai abad 19, jam di set pada pukul yang sama di setiap daerah. Karena persamaan waktu tersebut, perusahaan kereta men-setting waktu keberangkatan keretanya lebih awal dari pada waktu di London supaya para penumpang ga kehilangan waktu. Misalnya di Bristol waktu dimajukan 11 menit lebih cepat daripada London sehingga penumpang bisa sampai di London pada pukul yang sama. Karena hal inilah perusahaan perusahaan kereta api mulai menggunakan standar waktu Inggris untuk operasional mereka. Dimulai dengan adanya Great Western Railway tahun 1840. CMIIW ya gan.

16. Waktu mungkin saja berhenti. Tapi ini juga cuma teori ya gan. Galaksi  yang jauh terlihat bergerak lebih cepat daripada galaksi yang lebih dekat. Ini menunjukkan bahwa alam semesta mengembang semakin cepat (karena terjadi percepatan pengembangan). Teori yang biasa dipakai untuk menjelaskan peristiwa ini adalah adanya kekuatan misterius yang disebut dark energy memaksa alam semesta mengembang. Tapi seorang ahli fisika spanyol mengusulkan teori alternatif lain. Dia menyebutkan bahwa galaksi yang lebih jauh bergerak lebih cepat di masa lalu dan di masa lalu waktu memang berjalan lebih cepat. Jika ini benar, maka dalam beberapa miliar tahun lagi waktu bisa saja berhenti secara seketika karena peristiwa itu menggambarkan waktu yang makin lama makin lambat. (Masih inget kan gan apa yang kita lihat di matahari sekarang adalah 8 menit yang lalu di matahari).

Demikian beberapa fakta mengenai waktu yang bisa ane sebutkan di postingan ini. Gimana gan, ada fakta yang bisa bikin agan blown mind ga? Kalau belum mungkin agan bisa saksikan video cuplikan film berikut untuk bantu-bantu imajinasi hehehe

Pertama adalah Film Project Almanac. Film ini mengisahkan tentang beberapa remaja yang menguji mesin waktu. Di sini pemahaman yang muncul apabila kita kemasa depan, akan terjadi time paradoks. Artinya apa yang kita kerjakan di masa depan, dapat merubah masa lalu.



Kedua adalah film Interstellar. Ane suka sama jalan cerita film ini. Tentang kondisi waktu yang berbeda jauh ketika kita berada dekat dengan black hole, tentang dimensi 5 yang sukar di fikirkan dan cerita science fiction-nya yang memang keren gila. Meskipun pas awal nonton bikin bingung hehehe. Cuplikan ini nyeritain dua kru yang pergi ke planet dekat blackhole selama beberapa menit,  dan pas balik ke pesawat induk ternyata sudah 23 tahunan aja waktu berlalu.



Ketiga. Kalau ini mah ga terlalu menceritakan masalh waktunya. cuman ane suka aja dan ada berbau waktu gitu. Simak komik strips doraemon berikut ya gan hehe. (yangbelum nonton jangan lupa sediakan tisu)



Sekian gan, mungkin nanti kalau ada info baru bakal ane tambahkan di postingan ini. Kalau berkenan mampir di postingan ane berikut. Dijamin bikin lown mind hehehe. Terimakasih sudah mampir dan sudah membaca yaaa.

Wassalam

No comments:

Post a Comment