Wednesday, December 06, 2017

Ekor Cicak Bisa Tumbuh Kembali, Kenapa Manusia Tidak ?


Hai gan selamat datang d blog ane. Sebelumnya ane mohon maaf banget, mungkin gambar cicak yang ane bikin ilustrasi di atas bikin geli atau jijik. Ini semua memang disengaja haha. Ya memang hewan ini entah kenapa bikin geli-geli sendiri kalau di lihat, apalagi sampai masuk ke dalam baju. Mirip-miriplah sama Kecoak kan gan. Wkwkwk


Berawal dari ngelamun di teras dengan iringan Soundtrack ringan lagu Cicak di Dinding Paman Odong-Odong, ane jadi kepikiraan buat bikin post soal cicak. Soal kemampuan istimewanya, Autotomi. Iya benar gan, kemampuan buat numbuhin ekornya lagi. Amazing banget kalau bisa terjadi sama manusia. Bisa macam Deadpool atau Piccolo kita wak. Hehe.
Potong

Tumbuh
Pertanyaan ini pasti pernah menggelitik kita waktu masih kecil kan gan?

“Kenapa anggota tubuh manusia ga bisa beregenerasi seperti ekor cicak?”

Bagi gan-agan yang belum tau, mudahan apa yang ane tulis di sini bisa jadi sedikit referensi jawaban pertanyaan tersebut. Ane udah kumpulin dari banyak sumber lho gan hehe.

Jadi gini. . . .

Manusia, bahkan semua organisme pada dasarnya punya kemampuan untuk meregenerasi sesuatu di dalam tubuhnya. Tapi proses regenerasi ini lebih baik dan berkembang pada organisme yang lebih rendah semisal tumbuhan, bakteri, cacing, cicak dll. Organisme-organisme tersebut dapat dengan mudah menumbuhkan bagian tubuhnya saat terluka.

Manusia sebenarnya juga memiliki kemampuan regenerasi. Tapi gak sehebat hewan gan. Regenerasinya biasa-biasa aja seperti pada kulit, otot dan darah. Ini dikarenakan manusia sebagai mammalia memiliki struktur tubuh yang kompleks, sehingga regenerasi yang melibatkan perbanyakan sel, perlu untuk dikontrol agar dapat tumbuh dengan terkendali. Manusia sudah punya mekanisme keamanan untuk sel sehingga gak liar pertumbuhannya. Tapi mekanisme ini kemampuannya dapat turun karena banyak faktor contohnya seperti karena usia, sehingga berakibat timbulnya kanker.

Oh iya ada yang ketinggalan. Hati manusia juga dapat beregenerasi lho gan. Artikel lengkap bisa di baca di sini. melalui hal tersebut kita di ajarkan untuk optimis oleh Sang Pencipta gan. Kalau patah hati jangan hilang harapan dan ngerasa dunia udah mau kiamat. Kepikir buat bunuh diri padahal hati yang patah masih bisa jadi sepotong hati yang baru. Masih bisa regenerasi memperbaiki diri. Lho lho malah bahas apa haha. Next.


Adapun untuk cicak sendiri, sebagai hewan yang kompleksnya di bawah manusia, bisa menumbuhkan bagian tubuhnya melalui kuncup khusus atau blastema di ekor yang terpotong tersebut. Dengan adanya blastema ini, jaringan yang terpotong tadi bisa teregenerasi. Meskipun jaringan ini tumbuh kembali, tapi secara fisik jaringan baru tersebut tidak sama dengan jaringan yang lama.

Blastema
Jadi demikian gan. Kalau sepemahaman ane, manusia sebagai bagian dari Mammalia tidak bisa meregenerasi layaknya seekor cicak, ya karena tubuhnya kompleks dan ukurannya besar. Udah gitu aja. Hehe

Demikian yang bisa ane tulis, semoga bisa membantu :)

No comments:

Post a Comment